Harkat Car Detailing Salon Mobil

Harkat Car Detailing

Harkat Car detailing, adalah sebuah usaha salon mobil dengan teknik khusus untuk merawat dan memperindah tampilan kendaraan anda, baik roda empat atau roda dua, agar selalu tampil sempurna. Proses ini meliputi bagian eksterior dan interior, bahkan hingga ke bagian mesin.

Kami sudah berpengalaman dalam mengurus dan merawat mobil-mobil kesayangan tuan-tuan pemilik mobil yang senantiasa ingin kendaraannya terlihat rapi. Kami tidak sungkan untuk datang ke kota anda jika anda merasa bahwa datang ke tempat kami itu jauh.

Detailing diperlukan untuk menjaga kondisi surface kendaraan baik luar maupun dalam agar selalu terlihat mengkilap, terawat dan nampak sedap dipandang mata. Dibawah ini akan sedikit kami jelaskan beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk proses car detailing.

Tahapan Auto Detailing di Harkat

Detailing mempunya 3 proses yang harus dilakukan secara komprehensif agar hasil yang diinginkan tercapai secara maksimal

1. Proses Pencucian / Cleaning Process

Mencuci adalah proses pertama yang paling mudah dilakukan dalam tahapan auto detailing. Siapapun bisa melakukannya dengan mudah meskipun itu emak-emak. Namun untuk kebersihan maksimal, tentu harus menggunakan cara-cara profesional agar kotoran yang tak terlihat bisa terangkat dan terbuang semuanya.

cuci mobil
Image by Lutz Kr├╝ger from Pixabay

Dibutuhkan beberapa alat pendukung seperti : sabun, shampoo / deterjen, kain lap, kain kanebo, ember, kompressor dan selang yang memiliki daya semprot air namun bisa maksimal dalam membersihkan. Dan ketika kita mencuci mobil sendiri dirumah tentu tidak bisa maksimal dalam membersihkan kotoran. Beberapa Cucian Mobil menggunakan dongkrak hidrolik besar untuk mengangkat mobil keatas dimaksudkan agar upaya membersihkan bagian bawah mobil bisa sempurna.

Agar lebih maksimal, lakukan langkah claying dengan menggunakan clay bar. Kalau memungkinkan ditambah cairan lubrikan supaya mempermudah proses. Claying ini adalah cara untuk membersihkan endapan kotoran yang tak terangkat oleh proses cuci.

2. Proses Koreksi Cat / Paint Correction

Dalam keseharian pemakaian mobil, tentu tak dapat terhindarkan kejadian benturan atau gesekan dengan kendaraan lain atau dengan material lain. Untuk itu perlu dilakukan proses Paint Correction agar luka pada surface kendaraan bisa hilang atau tersamarkan.

Proses Koreksi Cat bisa dilakukan dengan teknik

  1. Compounding : Yaitu melakukan kegiatan menghilankan baretan halus dengan menggunakan bahan tertentu
  2. Polishing : Istilah indonesianya yaitu poles atau memoles kendaraan dengan cara memberikan larutan / cairan / wax atau bahan-bahan yang diperlukan agar mobil terlihat segar tanpa cacat, namun dalam waktu yang terbatas.
  3. Glazing : Proses pelapisan sederhana dengan bahan-bahan tertentu agar mobil terlihat berkilau / mengkilap.

glazing harkat car detailing
Image by Hoang Le from Pixabay

Proses Koreksi Cat atau kerapkali disebut Preparasi, merupakan tahapan proses yang cukup sulit dan memakan waktu. Dan proses ini merupakan proses inti dari Auto Detailing. Jika dalam tahapan ini tidak maksimal maka akan menjadi tidak sempurna seterusnya.

3. Proses Proteksi / Protection

Setelah dicuci dan di preparasi dengan baik, maka sepintas mobil sudah terlihat mulus dan sedap dipandang. Namun demikian, keadaan itu tidak akan berlangsung lama. Jika mobil diparkir dijalanan dalam hitungan jam saja, debu akan kembali menempel. Atau jika terguyur hujan, maka mobil akan kembali kusam. Zat-zat poles atau glazing yang telah menempel di mobil sebagai pengkilap akan hilang

Nah untuk itu diperlukan proteksi agar tampilan kilap yang ditimbulkan oleh proses sebelumnya tidak hilang dalam jangka waktu lama. Dengan cara memberi lapisan pada permukaan kendaraan, maka kotoran menjadi tidak mudah menumpuk pada kendaraan.

Proteksi pada permukaan kendaraan kendaraan dilakukan dengan memberikan lapisan Coating atau Sealant atau Wax di permukaan cat. Pemberian lapisan coating inilah yang akan mengawetkan permukaan cat mobil. Selain memberikan perlindungan / proteksi pada permukaan kendaraan, Coating akan membuat cat yang mengkilap dibawahnya akan terus terjaga setelah dicuci.

4. Maintenance / Perawatan Berkala.

Jikalau semua tahapan detailing sudah dilakukan, namun tidak terawat secara berkala, maka agak sedikit sia-sia upaya untuk menjaga tampilan kendaraan tersebut. Perawatan berkala diperlukan untuk menjaga lapisan coating tetap bisa mempertahankan penampilan sempurna cat mobil.

harkat
Image by Dariusz Sankowski from Pixabay

Maintenance di tiap-tiap Car Detailing berbeda-beda baik bahannya maupun durasinya. Perawatan ini hanya untuk menjaga ketahanan lapisan coating yang telah di tempelkan. Dan tentunya, anda tidak perlu melakukan proses preparasi dan proteksi lagi jika sudah sampai pada tahap ini. Anda tinggal butuh cuci saja, mobil anda sudah cantik dan menawan.

Tentang Nano Ceramic Coating.

Pelapis nano, atau pelapis keramik seperti yang biasa dikenal, adalah cairan yang, bila diaplikasikan pada cat kendaraan, menyatu dengan permukaan untuk membentuk penghalang tahan lama yang mengilap yang menolak air, kontaminan, dan seringkali sinar UV.

Kenapa harus di coating? Tentu agar cat pada mobil anda tidak kusam karena ketempelan debu atau tergerus asam air hujan. Lapisan ini membersihkan sendiri, karena menolak debu, lumpur, dan hujan. Dengan perawatan yang tepat, satu lapisan dapat bertahan hingga lima tahun.

Coating ceramic memiliki sifat hidrophobic sehingga dapat melindungi cat mobil dari air dan kotoran yang menempel serta lebih mudah untuk dibersihkan. Tampilan mobil akan terlihat basah (deep wet look). Pasalnya warna mobil yang sudah kusam, kembali seperti baru setelah proses detailing dan pelapisan nano coating, sehingga nampak glossy (mengkilap).

Agak berbeda dengan Paint Protection Film, sesuai dengan namanya menggunakan lapisan film yang dilaminasi ke bodi mobil. Paint Protection Film adalah film elastis yang diaplikasikan di atas tubuh mobil supaya catnya terlindungi, warnanya lebih mengkilap dan cat orisinilnya tidak tergores.

Nano coating yang awalnya berbentuk cair, jika mengeras akan seperti kaca bening. Lapisan kaca inilah yang melindungi bodi mobil, dan diklaim bisa bertahan hingga tiga tahun. Lebih lama ketimbang hanya memberi wax saja, yang cuma bertahan dalam hitungan minggu

Lapisan keramik memberikan perlindungan cat dengan bertindak sebagai cangkang dari berbagai sumber perusak cat seperti Sinar UV. Sinar ultraviolet (UV) dapat mengoksidasi dan memudarkan cat mobil, atau bahkan berkontribusi pada karat. Lapisan keramik mencegah mobil terlihat lebih tua dari aslinya

Penutup

Demikian sekelumit proses detailing yang harus dilakukan untuk menjaga agar tampilan kendaraan kita tetap maksimal. Masih bingung harus ngapain? Cukup datang ke Harkat Car Detailing atau hubungi via whatsapp, Biar kami yang urus tampilan mobil anda agar tetap selalu tampil prima.